Sejarah Berdiri


Telah diketahui dan disadari secara besama, bahwa Gowok merupakan padusunan yang memiliki banyak potensi sumber daya manusianya. Sebagai dusun yang terletak di lingkungan kampus, maka padusunan Gowok juga memiliki potensi sumber daya manusia yang berasal dari para pendatang dan mahasiswa yang berkuliah di berbagai kampus di Jogjakarta. Pensinergian potensi remaja dan pemuda lokal (Gowok) dengan potensi para pendatang atau akan menjadi potensi yang besar untuk melakukan perubahan jika mampu dikelola dengan baik

Namun realitas yang selama ini ada, dalam 3 tahun ini keberadaan remaja Islam masjid Al-Qomar mengalami kevakuman kegiatan sehingga menjadikan lambatnya proses regenerasi kepengurusan yang ada. Keberadaan masjid Al-Qomar yang kian besar dan megah, pun disadari oleh pengurus/takmir masjid, khususnya para remaja di lingkungan Gowok haruslah dibarengi dengan peningkatan pelayanan terhadap para jamaah dan pelaksanaan berbagai kegiatan yang berorientasi untuk kemaslahatan masyarakat.

Dari berbagai pembicaraan yang terjadi di berbagai forum non formal, ternyata tampak dorongan semangat dan keinginan yang tinggi dari para remaja di lingkungan masjid Al-Qomar untuk dapat menghidupkan kembali keberadaan RISMA. Kuatnya keinginan remaja di lingkungan Masjid Al-Qomar tersebut akhirnya disikapi dengan menyelenggarakan beberapa kali pertemuan yang diawali pada pertengahan Bulan Februari 2005. Beberapa pertemuan yang diselenggarakan oleh remaja Masjid Al-Qomar hingga akhir bulan Maret 2005, akhirnya berhasil membentuk susunan pengurus Risma Al-Qomar untuk periode 2005-2006, AD/ART, serta Rencana Program. Adapun keberadaan RISMA Al-Qomar atas kesadaran dan kesepakatan bersama menyatakan bahwa pada tanggal 28 Februari 2005 hari kelahiran Remaja Islam Masjid (RISMA) Al-Qomar di wilayah padusunan Gowok Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s