Pengajian Isra’ Mi’raj di Masjid Al-Qomar Berlangsung Meriah

Gowok – Sholat merupakan kunci kesuksesan dan kebahagiaan bagi setiap muslim. Begitu pentingnya ibadah sholat, maka Allah telah menurunkan perintah untuk melaksanakan sholat secara langsung melalui peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Hal ini berbeda dengan ibadah-ibadah lain yang perintahnya melalui perantara Malaikat Jibril seperti halnya zakat, puasa, haji dan lain-lain.

Begitulah salah satu untaian isi ceramah yang disampaikan oleh Ustad Hadirman El-Azhari, S.Ag atau yang biasa akrab disapa Ustad Batman dalam acara pengajian umum memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1434 H di Masjid Al-Qomar, Gowok, pada Sabtu malam (8/6). Memang seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, Takmir Masjid Al-Qomar selalu mengadakan pengajian ini agar para jamaah tidak lupa akan peristiwa sejarah yang dialami Nabi ketika sowan menghadap Rabnya.

Acara pengajian yang dimotori oleh Remaja Islam Masjid (Risma) Al-Qomar ini terbilang sukses. Dalam sambutannya, Drs. Mudara Muhdar, M.Si yang mewakili Takmir Masjid Al-Qomar mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia yang telah membantu terselenggaranya pengajian ini. “Kegiatan positif seperti ini harus selalu dilestarikan agar umat selalu tercerahkan,” imbuhnya.

Dalam pengajian kali ini, para jamaah disuguni oleh penampilan gerak tari lagu religi adik-adik TPA Nur Hidayah. Melalui gerakan lincah nan gemulai, adik-adik TPA mampu menunjukkan kebolehannya dalam menghibur para jamaah. Selain itu, para jamaah juga dibuat kagum oleh kemampuan adik-adik TPA dalam menghafal 25 hadits-hadits pilihan yang mereka tampilkan di sela-sela waktu istirahat. Kemampuan adik-adik TPA ini tak lepas dari bimbingan dan arahan dari para ustadz-ustadzah pengajar yang senantiasa dengan sabar mendidik mereka agar menjadi generasi islami.

Banyak sekali nilai-nilai positif yang dapat jamaah serap dalam mengikuti pengajian ini. Salah satu diantaranya bagaimana agar kualitas sholat seseorang dapat menjadi lebih baik. “Banyak sekali orang yang rajin melakukan ibadah sholat namun mereka tetap saja melakukan perbuatan yang dilarang Allah, itu karena sholat mereka hanya sebatas ritual semata, tidak berkualitas,” ujar Ustad Batman dalam ceramahnya.

Menurut Ustad Batman, agar ibadah sholat seseorang dapat lebih berkualitas, maka ia harus memperbaiki cara berwudhunya terlebih dahulu. “Wudhu itu tidak hanya sekedar membasahi tubuh dengan air saja, tapi juga harus memperhatikan syarat beserta rukunnya. Selain itu, harus diketahui pula apa saja faedah berwudhu,” ucapnya.

Selain itu, syarat bagi seseorang yang ingin diterima ibadah sholatnya adalah memakai busana yang paling baik dan sopan ketika sholat. Busana yang baik artinya pakaian yang bersih dan suci dari najis. Sedangkan busana sopan berarti busana yang layak untuk dipakai, dan tidak mengandung tulisan tertentu. Dianjurkan pula untuk memakai wewangian (parfum) ketika hendak sholat.

Ustad Batman juga menekankan pentingnya pendidikan agama bagi anak-anak. Anak merupakan investasi orang tua kelak ketika berada di alam akhirat. “Didiklah putra-putri Bapak/Ibu dengan pendidikan Al-Qur’an, masukkan mereka ke TPA, jangan sampai kita bangga jika anak kita pintar menyanyi, namun tidak bangga kalau mereka pintar mengaji,” tambahnya.

Ustad juga menerangkan bahwa ketika Rasulullah diperlihatkan kehidupan di neraka, Beliau mendapati kebanyakan penghuni neraka adalah wanita. Hal ini karena wanita dengan mudah mengumbar auratnya kepada lelaki. Selain itu, wanita juga lebih mudah menggunakan mulutnya untuk membicarakan orang lain (Ghibah). “Jika Ibu-ibu ingin selamat dari neraka, maka lakukanlah langkah-langkah berikut ini: taat pada suami, selalu berusaha menyenangkan suami, jika perlu berbahasa yang lembut (boso kromo), selalu menjaga kehormatan keluarga,” ujarnya dalam ceramah.

Acara pengajian ini diakhiri dengan doa yang dipimpin langsung oleh Ustad Batman. Kemampuan Ustad Batman dalam memberi ceramah dengan bahasa yang mudah dicerna dan sesekali diselipi dengan humor, membuat pengajian ini semakin meriah dan tidak membosankan. Para jamaah benar-benar mendapat pencerahan yang begitu berharga pada malam itu. [/]

Reporter: Ali Murtadlo (ali88murtadlo@gmail.com)

2 thoughts on “Pengajian Isra’ Mi’raj di Masjid Al-Qomar Berlangsung Meriah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s