DAKWAH NEVER ENDING

Diantara sekian banyak perintah yang perlu kita lakukan adalah kewajiban berdakwah. Dakwah adalah menyampaikan kebenaran dan menunjukkan jalan kepada kebaikan dengan semata-mata untuk mengharap ridha Allah semata. Setiap muslim laki-laki maupun perempuan wajib untuk mengemban amanah dari Allah ini.
Dakwah bukan hanya diperuntukkan bagi mereka yang berbicara di mimbar dan didengarkan oleh puluhan atau bahkan ratusan jama’ah. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW; “Ballighuu ‘annii walau aayah”, dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara; dapat dengan melalui media tulis, cetak, maupun elektronik. Dan bahkan dapat juga dilakukan dengan memberikan contoh didalam tingkah laku sehari-hari. Sekecil apapun, yang namanya kebaikan adalah kewajiban kita untuk menyampaikan dan haknya untuk disampaikan.

KH. M. Isa Anshary dalam bukunya “Mujahid Dakwah” menyebutkan bahwa islam adalah agama dakwah. Untuk itu setiap muslim selain menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, juga berperan aktif sebagai juru dakwah.

Didalam hal menyikapi kemungkaran, tercatat dalam kitab Riyadhus-shalihin, juz 1 Rasulullah bersabda yang artinya; “Barang siapa diantara kalian melihat kemungkaran, hendaklah dirubah dengan tangannya, bila tidak mampu maka dengan lisannya, dan kalau tidak mampu maka rubahlah dengan hatinya. Yang demikian itu adalah menunjukkan selemah-lemah iman.”
Hadits diatas menunjukkan kepada setiap muslim untuk senantiasa mensikapi kemungkaran sesuai dengan kadar kemampuan masing-masing individu.

AKTIVITAS DAKWAH
Fuad Anshary dalam bukunya “Masa Depan Ummat Islam Indonesia” menyebutkan ada 4 aktivitas utama dalam berdakwah, yaitu:
1. Menyampaikan ajaran-ajaran Islam dengan lisan,
2. Menyampaikan ajaran-ajaran Ialam dengan tulisan,
3. Dakwah keteladanan, khususnya masalah akhlaq,
4. Bertindak tegas dengan kemampuanny; baik jiwa, raga, maupun harta.
Dengan demikian, masing-masing kita berpeluang untuk menyampaikan kabar kebenaran dari Allah dan Rasul-Nya.

FUNGSI DAKWAH
Fungsi dakwah sendiri bertujuan untuk mentransfer ajaran Islam kepada orang lain. Sehingga orang tersebut mampu memahami dn bersikap mulia, baik dalam pemikiran (fikriyah), perasaan (syu’ur), maupun tingkah laku (al amal wal akhlaq).

Semoga kita mampu menjadi agen Rasulullah sesuai dengan profesi dan kemampuan kita masing-masing. Dan semoga Allah mencatat setiap perbuatan baik kita di muka bumi sebagai salah satu bentuk Jihad fi Sabilillah. Amin.

– el fuady.. –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s