Keutamaan Shodaqah


Shodaqoh merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT kepada hambaNya. Shodaqoh diartikan sebagai pemberian sesuatu kepada orang lain atau makhluk lain yang disertai dengan  niat karena Allah. Telah masyhur untuk diketahui bahwa shodaqoh merupakan salah satu ibadah yang mulia. Firman Allah dalam al-Qur’an surat Al-Baqarah : 261 yang berbunyi:

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 butir, pada tiap-tiap butir 100 biji, Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang ia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunianya) lagi Maha Mengetahui”. (Al-Baqarah : 261).

Kemuliaan shodaqoh ini bisa kita lihat dari kekuatan-kekuatan yang diberikan shodaqoh. Ada dua kekuatan yang akan dirasakan dan dimiliki oleh sebab shodaqoh, yakni kekuatan pada diri yang bershodaqoh dan kekuatan pada diri yang diberi shodaqoh. Bagi diri yang mengeluarkan shodaqoh paling tidak ada empat keutamaan yang akan diterimanya yaitu : Shodaqoh mengundang datangnya rezeki, menolak balak, dapat menyembuhkan penyakit dan dapat memanjangkan umur.

Oleh karena betapa besar kekuatan shodaqoh yang diterima oleh orang yang mengeluarkannya, maka perlu bagi kita untuk memahami shodaqoh lebih lanjut sebab kekuatan shodaqoh itu akan dimiliki oleh orang yang mengeluarkannya jika orang tersebut memenuhi syarat-syarat tertentu. Paling tidak ada dua hal yang sangat menentukan apakah shodaqoh tersebut akan dapat mendatangkan keutamaannya atau kekuatannya bagi orang yang mengeluarkannya atau tidak yaitu meliputi cara bershodaqoh yang benar dan tujuan bershodaqoh.

Cara bershodaqoh yang benar meliputi :

1. Niat tulus dan ikhlas hanya karena Allah SWT.

Niat yang tulus dan ikhlas semata-mata hanya karena Allah merupakan pangkal dari shodaqoh. Apabila kita niat bershodaqoh untuk suatu tujuan yang lain, misalnya untuk tujuan duniawiyah, maka akan memberikan efek keajaiban shodaqoh yang besifat duniawiyah semata. Padahal kita sama-sama mengetahui bahwasanya sifat keduniawiyahan hanyalah fakta kekinian saja, sedang kita lebih membutuhkan keajaiban yang bersifat ukhrawi yang kita dapatkan melalui jalan shodaqoh.

Niat tulus ikhlas karena Allah ini berarti membebaskan diri dari semua belenggu, ketergantungan, ikatan dan halangan apapun sekaligus menyadarkan diri kita secara sempurna dan mutlak hanya kepada Allah. Jadi ketika anda memberikan shodaqoh, tanamkan dalam hati bahwa shodaqoh yang anda keluarkan hanya semata-mata karena Allah SWT. Bukan karena yang lain.

2. Bebaskan diri anda dari keraguan tentang jumlah.

Setelah kita memiliki niat yang tulus, maka kita juga harus menyingkirkan keraguan tentang jumlah yang akan kita shodaqohkan. Jika muncul keraguan maka percayalah bahwasanya tak ada perkara apapun di dunia ini yang dapat diselesaikan tanpa memiliki keraguan dan ketetapan hati. Allah pun tidak akan pernah peduli dengan seberapapun jumlah yang anda keluarkan untuk bershodaqoh.

3. Merahasiakan

Sebisa mungkin jangan pernah memperlihatkan shodaqoh yang anda keluarkan kepada orang lain termasuk kepada orang yang anda beri shodaqoh tersebut. Kita dapat melakukannya dengan cara melalui perantara seseorang yang anda percayai, atau anda berikan kepada orang yang memerlukannya secara diam-diam.

4. Berikan pada orang yang tepat.

Ada beberapa kreteria mereka yang berhak menerima shodaqoh. Misalnya anak yatim, fakir miskin, ibnu sabil atau untuk kepentingan syi’ar Islam. Yang paling penting di sini pemberi shodaqoh harus mengetahui keadaan sesungguhnya dari pihak penerima shodaqoh dan jika memang perlu lakukan survai terlebih dahulu.

5. Berikanlah yang terbaik.

Bershodaqoh dianjurkan memberikan yang terbaik dari harta yang kita miliki. Jadi jangan menyimpan yang baik dan memberikan yang buruk kepada orang lain.

6. Hanya mengharap ridha Allah.

Memberikan sesuatu secara cuma-cuma tetapi didalam hati terbersit ingin dipuji orang lain misalnya, prilaku tersebut dalam Islam disebut ria’. Untuk perbuatan ria’ Allah tidak memberikan balasan setimpal apalagi berlipat ganda. Jadi dalam bershodaqoh jangan mengharap pujian dari orang lain.

About these ads

2 Tanggapan

  1. assalamu alaikum,

    program ini “MERAIH RIZQI LEWAT INFAQ DAN SADAQOH DENGAN IHLAS DAN JUJUR” saya peruntukan kepada teman2, semua gratis untuk teman semua
    silahkan kunjungi
    http://shodakah.blogspot.com/
    dan download srip programnya GRATIS
    semoga bemanfaat bagi kita semua, Amin
    Assalamu alaikum wr.wb.

    • terimakasih atas infonya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.119 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: